CSR Semen Padang Gelar Pelatihan Untuk Camat, Lurah, KAN dan LPM

PT Semen Padang bekerja sama dengan Corporate Forum for Community Development (CFCD) menggelar pelatihan “Participatory Training Community Development Pemahaman Dasar, Strategi dan Teknik CSR” dengan Community Development (ComDev) untuk Camat, KAN, Lurah, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan  organisasi-organisasi kemasyarakatan se Kecamatan Lubuk Kilangan di Hotel The Hills Bukittinggi, 29 s.d. 31 Januari 2015.

Pelatihan yang diikuti sebanyak 38 peserta ini merupakan kelanjutan dari program social mapping yang telah dilakukan Biro CSR Semen Padang  beberapa waktu lalu.

Direktur Utama PT Semen Padang diwakili Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum, Ampri Satyawan mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk merekronstruksi pemahaman dan membangun persepsi yang sama terhadap pemberdayaan masyarakat, meningkatkan pengetahuan dasar bagaimana menjalankan memberdayakan masyarakat melalui keberadaan lembaga-lembaga kemasyarakatan dan menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang akan dijalankan bersama antara Comdev dengan perusahaan PT Semen Padang.

“Tema ‘basinergi mambangun nagari’ dalam program CSR Semen Padang  mempunyai makna sikap yang saling percaya antar perusahaan dengan stakeholders serta bersama-sama membangun dan meningkatkan kualitas masyarakat yang berada di sekitar perusahaan,” katanya.

Basinergi, lanjut Ampri, mempunyai makna sikap saling percaya dan bekerjasama antara stakeholder termasuk masyarakat dengan perusahaan PT Semen Padang untuk mencapai hasil yang luar biasa, sedangkan mambangun nagari bermakna bersama-sama memberdayakan seluruh potensi yang ada dalam rangka meningkatkan kualitas perusahaan masyarakat dan lingkungan yang lebih sejahtera mandiri yang berkelanjutan.

Ketua KAN Lubuk Kilangan Basri Dt Rajo Usali menyampaikan apresiasi terhadap pelatihan yang dilaksanakan PT Semen Padang tersebut.

“Kami berterima kasih kepada pihak PT Semen Padang yang telah menyelenggarakan acara yang sungguh luar biasa, karena PT Semen Padang memperhatikan masyarakat Lubuk Kilangan dan ini momen bagi kita untuk membangun masyarakat menjadi yang lebih baik lagi,” ujar Basri.

Apresiasi juga disampaikan Camat Lubuk Kilangan Bapak Syafwan. “Melalui acara ini, kita sebagai masyarakat yang berada di lingkungan PT Semen Padang sangat bangga terhadap CSR PT Semen Padang karena masyarakat merasa diperhatikan dan diikutsertakan dalam menyusun program-program untuk pembangunan,  katanya.

Pelatihan ini bekerjasama dengan CFCD pusat, sebagai narasumber dan fasilitator Iskandar Sembiring serta menghadirkan narasumber Eri Sudewo yang juga pendiri Dompet Duafa. Pada kesempatan itu Eri Sudewo menyampaikan materi bertajuk Modal Sosial. (*)