Forum Nagari Akan Maksimalkan Program CSR Semen Padang

KLIKPOSITIF – Setelah dideklarasikan pada 31 Januari lalu di Bukittinggi, Forum Nagari yang merupakan wadah perhimpunan Lembaga-lembaga Sosial Ekonomi Masyarakat, Kerapatan Adat Nagari dan pemangku kepentingan lainya menggelar rapat penetapan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Forum Nagari Kelurahan dan Lubuk Kilangan di Pusdiklat PT Semen Padang, Senin (16/2).

 Kepala Biro CSR PT Semen Padang, Iskandar Z. Lubis mengungkapkan, Forum Nagari dibentuk dan dirintis oleh PT Semen Padang, agar bisa memaksimalkan program-program CSR Semen Padang yang selama ini masih dirasa kurang memuaskan oleh masyarakat.
“Jika sebelumnya kita memberikan bantuan tersebut berdasarkan persepsi kita, dari hasil survei kita, tentu ke akuratan nya kurang, di banding mereka sendri yang tau butuh apa,” jelasnya.
Lebih lanjut Ia mengatakan, bahwa Forum Nagari akan membuat perencanaan, melakukan pengawasan dan mengevaluasi program-program pemberdayaan di lingkungan sekitar.
 “Lalu aturan mainnya seperti apa ? Mulai dengan AD ART yang saat ini sedang dibahas. Jadi kita menfasilitasi forum ini,” sambungnya.
Dirinya mengharapakan program-program yang dilakukan Biro CSR di lingkungan masyarakat sekitar akan tepat sasaran, terutama program yang sifatnya pemberdayaan, menyeleksi dan membuat skala prioritas, kapan dilakukan dan schedulnya dan ralisasinya.
“Nanti juga mereka akan menyepakati siapa yang akan melakukan pendampingan rutin, jadi fokus, bukan program-program yang sekedar dibantu dan sudah selesai begitu saja,” jelasnya.
Selain itu dirinya mengahrapkan kedepannya, Forum Nagari tidak hanya sekedar mengolah bantuan dari Semen Padang saja, namun juga bisa membangun sistem komunikasi di masyarakat sendiri terhadap, sistem pengawasan terhadap program-program yang ada.
“Silahkan mereka kembangkan, namun yang penting bersatu dulu. Dari berbagai unsur, punya tujuan yang sama membangun nagari, lalu kemudia mereka bekerja sama, jadi program ini bukan lagi pendapat-pendapat perseorang,” tuturnya kembali.